SanDisk, pemegang hak paten Nand Flash Memory di akuisisi Western Digital.

September 26, 2016


SanDisk merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Milpitas, California. Didirikan pada tahun1988 oleh Eli Harari and Sanjay Mehrotra. Menghasilkan berbagai macam produk audio player. Perusahaan ini mempekerjakan 3.000 pekerjanya pada tahun 2007. (wikipedia Indonesia).

MP3 Player buatan SanDisk

 MP3 Player produksinya itu, selalu membutuhkan microSD sebagai sarana penyimpang file-file musik. Mungkin, karena waktu itu perkembangan produksi microSD masih terbatas, sedangkan untuk menyimpan file-file audio berkualitas tinggi memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar, maka perusahaan berinisiatif untuk membuat sendiri media penyimpanan dengan kapasitas besar.

Bekerja sama dengan Toshiba sebagai pemegang patent tekhnologi Basic Nand Flash, SanDisk mengembangkannya dengan membuat MLC (Multi Level Cell)  yang memungkinkan masing-masing Nand Flash menampung 2 bits data, sehingga dengan perangkat sama, kapasitas bisa ditingkatkan 100%. Dunia internasional mengakui pemegang hak patent Nand Flash Memory adalah SanDisk. (Baca disini, awal mula Nand Flash dan hak patennya).


Maka sekarang kita banyak dapati media penyimpanan (Flash Memory) berbentuk microSD, SDcard, Flasddisk, dan  SSD bermerk SanDisk. Namun sayang, isu-nya, pada tahun 2015, SanDisk mengalami masalah keuangan sehingga diindikasikan bangkrut. Setahun kemudian, perusahaan raksasa produsen HardDisk, yaitu Western Digital resmi mengakuisisi SanDisk dibawah benderanya pada 12 Mei 2016.

Western Digital Corporation (NYSEWDC) adalah sebuah perusahaan publik asal Amerika Serikat yang bergerak di industri teknologi informasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 23 April 1970. Saat ini, markas pusat Western Digital Corporation terletak di 3355 Michelson Dr., Irvine, California, dan dipimpin oleh CEO Stephen D. Milligan.
Western Digital Corporation fokus pada pengembangan, manufaktur, dan penyediaan media penyimpanan data untuk konsumen, bisnis, pemerintah, dan organisasi lainnya. Produknya antara lain HDD dan SSD(Wiki Indo).

Beberapa bulan saja bergabung, SanDisk dibawah WDC akhirnya mengembangkan Nand Flash Memory yang fenomenal.

------------




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Alamat Kami:

SAEservices. melayani perbaikan Notebook/Netbook, Smartphone, TV (LCD/LED). Alamat: Jl. Gunung Cemara 39A, toko A2. Monang-Maning, Denpasar, Bali. . phone/WA: 081 353 135 102, 085 339 446 812.